Kulturale, Craft Brewery Baru di Jakarta Resmi Diluncurkan

Penggemar bir Jakarta kehadiran satu lagi pemain craft beer, yaitu Kulturale yang meluncurkan tiga lini produk mereka.

Indonesia kembali lagi kehadiran pemain craft beer (bir kriya) baru, yaitu Kulturale yang berbasis di Jakarta. Mengusung konsep budaya, Kulturale hadir sebagai representasi Indonesia di kancah bir kriya nasional. Melalui peluncuran ketiga lini produknya, yakni Madja, Aksen dan Tall Tales, Kulturale memiliki misi mengajak masyarakat lebih mengenal budaya bir kriya yang sudah lebih dikenal secara internasional.

Perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi minuman beralkohol ini mengadakan peluncuran produk dari tiga lini utamanya pada Can Release Day pada hari Sabtu, 15 Oktober 2022 di Coffeebeerian, Jakarta Selatan bersama dengan Beergembira sebagai media partner dan Rekosistem selaku waste management partner. Can Release Day pertama ini akan dihadiri oleh Laki Gushary — Direktur sekaligus Head Brewer Kulturale.  Jenis bir yang akan diluncurkan pertama adalah Hazy Session Ale menggunakan Single Hop Amarillo dari lini Madja, Dragon Fruit Berliner Weisse dari lini Aksen dan Double IPA dari lini Tall Tales. 

Kulturale merupakan brewery pertama di Jakarta yang semua produknya merupakan produk seasonal. Jenis bir dari masing - masing lini akan diganti tiap empat bulan sekali, memberikan masyarakat kesempatan untuk mencoba berbagai jenis bir baru. Memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun, keterampilan Laki Gushary dalam proses pembuatan bir sudah tidak diragukan lagi. Sebagai figur yang pertama kali memperkenalkan bir kriya di Indonesia, kini Laki mempunyai misi untuk memperkenalkan budaya bir kriya ke masyarakat yang lebih luas melalui Kulturale.

Produk Tall Tales dari Kulturale. | Foto oleh Kulturale

Ketiga lini produk Kulturale diperuntukkan dan memiliki tujuan yang berbeda. Lini Madja yang menonjolkan bahan hop dibuat untuk mereka yang baru mengenal bir kriya. Jenis bir dari Madja akan selalu sama; menggunakan berbagai jenis hop yang berbeda di tiap season. Bir Madja memiliki aroma floral, fruity dan sitrus dengan karakter kompleks yang tetap mudah diminum. 

Lini Aksen bertujuan mempertemukan budaya lokal dan budaya asing dengan memberikan aksen Indonesia dan menambahkan bahan baku lokal ke dalam proses pembuatan produk bir yang berasal dari barat. Lini ini diperuntukkan bagi mereka yang eksploratif dan suka bereksperimen dengan rasa. 

Produk Madja dari Kulturale.| Foto oleh Kulturale

Lini terakhir tak kalah penting. Sesuai namanya, lini Tall Tales merupakan lini big beers dengan kadar alkohol yang lebih tinggi. Lini ini diperuntukan bagi penikmat bir yang lebih menyukai bir dengan rasa yang lebih intense. Berbeda dari yang lainnya, lini Tall Tales dibuat sebagai penghormatan pada cerita rakyat Indonesia melalui design kalengnya.

Mengutip pembicaraan dengan Laki, “Kami berharap dengan adanya produk dan konsep Kulturale ini, masyarakat Indonesia kini memiliki kesempatan untuk mencoba lebih banyak jenis bir kriya tanpa harus pergi keluar negeri.”

Lini dan produk Kulturale resmi diluncurkan pada tanggal 15 Oktober 2022, produk ini bisa didapatkan melalui PT Anugerah Lestari Era (ALE) selaku distributor resmi untuk wilayah Jakarta dan PT Indowines untuk wilayah Bali. 

Produk Aksen dari Kulturale. | Foto oleh Kulturale

Feastin' Crew

Tim penulis yang selalu lapar, entah itu akan informasi baru atau masakan lezat di penjuru kota.

Previous
Previous

Silk Bistro: Pancarona Santapan Asia

Next
Next

Breadwinner, Lini Produk Baru dari Beau Bakery