Code of Ethics.

 

A)  Tentang Undangan Makan

Staf editorial dan kontributor FEASTIN’ seluruhnya diizinkan untuk hadir dan mengikuti undangan yang dikirimkan oleh restoran, publisis dan humas kuliner, dalam kapasitas mewakili perusahaan untuk kebutuhan penyusunan konten yang sebelumnya telah terlebih dahulu disetujui. Staf editorial dan kontributor tidak diperbolehkan untuk menghadiri undangan tempat makan atau restoran yang tidak disetujui oleh editor agar tetap menjaga kredibilitas serta kualitas konten FEASTIN’.

Apabila penulis atau kontributor dalam kapasitas sebagai individu pribadi berkunjung ke restoran, makan dan membayar atas hidangan yang dipesan dan tidak sedang mewakili FEASTIN’, dan di saat tersebut mendapat hidangan cuma-cuma dari chef dalam konteks tanda persahabatan atau bagian dari uji coba menu baru, perusahaan tidak melarangnya selama hal ini tidak memengaruhi bagaimana staf editorial dan kontributor menulis konten.

Staf editorial dan kontributor didorong untuk tetap objektif dalam tiap kunjungan dan undangan. Penulisan untuk undangan makan sepenuhnya mengikuti standar restaurant coverage yang telah ditetapkan oleh FEASTIN’. Pengalaman yang tidak baik yang mungkin bisa dialami oleh staf editorial atau kontributor saat makan diharuskan untuk dilaporkan kepada tuan rumah sebagai bagian dari kontribusi perusahaan untuk membangun industri kuliner yang baik. Staf editorial dilarang menulis pengalaman buruk undangan makan mereka di dalam artikel, sosial media perusahaan, atau pun sosial media pribadi.

Artikel hasil undangan makan yang ditulis harus masuk ke dalam kolom Food News & Stories dan bukan kolom Eating Out. Staf yang diundang apabila diperlukan harus menjelaskan perbedaan kedua kolom ini dan alasan mengapa FEASTIN’ tetap memegang teguh prinsip independensi dalam kolom Eating Out.

B)   Tentang Hadiah dan Cindera Mata

Mengenai pemberian hadiah dan cindera mata, FEASTIN’ menyadari bahwa saling mengirimkan hadiah dan cindera mata adalah bagian dari industri hospitality. Perusahaan tidak melarang staf editorial untuk mendapatkan hadiah berupa makanan, barang, pelayanan spesial, buku, selama nilai barang tersebut masih rasional dan tidak memengaruhi staf untuk kompromi dalam pembuatan konten.

Dilarang keras untuk menjanjikan pembuatan konten yang belum disetujui oleh editor kepada pihak siapa pun.

Dilarang keras untuk meminta pelayanan spesial, makanan ekstra, menu khusus, dan privileges lainnya kepada pihak siapa pun entah itu sebagai individu personal – terlebih lagi sebagai staf FEASTIN’ – yang berkaitan dengan industri hospitality dan kuliner yang merupakan core business dari perusahaan.

Seluruh hadiah atau cindera mata yang didapat oleh staf perusahaan harus masuk ke dalam catatan perusahaan. Hal ini diwajibkan sebagai bagian dari pertanggungjawaban perusahaan terhadap calon klien atau pun untuk keperluan lain seperti content audit di kemudian hari. 

C)  Tentang Eating Out

Demi mengangkat kembali kredibilitas pengulasan restoran profesional yang independen, penulis kolom Eating Out dilarang untuk:

1.       Memberitahukan tujuannya datang sebagai bagian dari pembuatan artikel.

2.      Menerima undangan makan dan memasukkannya ke kolom Eating Out.

Seluruh biaya makan dan minum dalam rangka pembuatan konten Eating Out akan di-cover oleh perusahaan sebagai bentuk dari perwujudan perusahaan memegang teguh prinsip ulasan restoran yang independen.

Apabila staf ingin menuliskan kritik terhadap restoran, kritik tersebut harus disampaikan dengan cara yang elegan dan konstruktif, serta terlebih dahulu melalui proses validasi dengan setidaknya mengunjungi kembali restoran minimal satu (1) kali lagi. Hal ini dilakukan agar tetap berpegang teguh pada visi dan misi FEASTIN’ untuk membangun ekosistem kuliner yang lebih baik.

D)  Tentang Pembuatan Konten

Perusahaan sangat menjaga dan menjunjung tinggi pemilihan keputusan yang independen dan serta integritas dari proses pembuatan konten. Perusahaan menjaga agar tidak ada pihak lain yang ikut campur dalam pengambilan keputusan termasuk pengaturan alur cerita, sudut pandang, pembuatan konten hingga penerbitannya ke khalayak ramai. Konten yang sejak awal melibatkan pihak lain seperti Content Partnership dan Advertorial akan dilakukan secara adil dan terbuka dengan tidak berkompromi terhadap kode etik perusahaan. Konten yang nantinya melibatkan pihak client akan secara terbuka diberi tanda sebagai “Advertorial”, “X”, “In Partnership” atau lainnya agar pembaca tahu bahwa ini adalah konten kolaborasi.

Staf editorial hingga manajemen Feastin' dilarang keras untuk memanfaatkan konten publikasi untuk kepentingan pribadi dan serta menimbulkan adanya conflict of interest yang berpotensi mengancam kredibilitas dan otoritas dari Feastin'.

E)   Tentang Riset dan Narasumber

Dalam hal sumber data dan narasumber, perusahaan akan selalu secara maksmimal melakukan proses riset dalam tiap pembuatan konten sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan apalagi penerbitan informasi yang salah. Kami juga tetap menghormati apabila narasumber dalam suatu waktu tidak ingin disebutkan identitasnya, dengan kami terlebih dahulu mengetahui kredibilitas dan kapasitas sang narasumber yang meminta anonimitas tersebut. Kami juga mengedepankan cross-check informasi dalam hal apapun, mulai dari penulisan tentang restoran, latar belakang tokoh, hingga topik dan isu lainnya di dunia kuliner.